Kamis, 15 November 2007

sejarah java dan kelebihan java

Sejarah java
Kelebihan - kelebihan java


Java adalah satu dari beberapa kemajuan terpenting di bidang software komputer dalam 20 tahun terakhir. Sama pentingnya dengan HyperText Markup Language(HTML) yang sangat sukses dalam penerbitan homepage static di World wide Web (WWW). Java meledakkan internet dengan isi yang lebih menarik dan interaktif.

Ada tiga kombinasi kunci yang membuat Java menjadi teknologi yang secara fundamental berbeda dari yang lain yang ada saat ini. Pertama dan yang paling menarik adalah semua orang dapat menggunakan applet yang kecil, aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap dijalankan di jaringan. Sejak awal, Applet dapat disusun dan didstribusikan secara aman dalam bentuk homepage semudah aspek-aspek HTML.

Kedua, Java adalah bahasa pemrograman yang ampuh dan memiliki kekuatan desain berorientasi objek dengan sintaks yang sederhana dan mudah dikenal disertai dukungan lingkungan yang kokoh serta enak digunakan. Java memungkinkan programmer untuk membuat program dan komponen dan applet baru yang lebih menarik.
Ketiga, Java adalah kumpulan class objek yang ampuh sehingga dapat melayani programmer dengan uraian yang jelas untuk menerangkan berbagai fungsi sistem yang umum seperti pembuatan window, penggunaan jaringan dan input / output. Kunci class-class ini adalah kemampuannya yang dapat melayani aplikasi lintas platform untuk beragam variasi yang umum digunakan sebagai antarmuka sistem.



Sejarah Java

Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, Kemudian Sun MycroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk baru dan memperluas pasar Sun. Oak didesain pertama kali untuk personal digital assistance yang disebut *7 yang akan dipasrkan Sun dengan fasilitas Graphical User Interface.

Ternyata *7 tidak pernah dipasarkan dan secara kebetulan Sun membentuk suatu perusahaan yang disebut Firstperson untuk mengembangkan *7 dalam bentuk TV set-top boxes untuk televisi interaktif. Karena persaingan yang begitu ketat akhirnya prospek TV interaktif menurun dan akhirnya Oak tidak laku di pasaran. Akan tetapi semenjak FirstPerson dan Oak mengalami kegagalan bermunculanlah para perintis internet khususnya World Wide Web seperti Netscape yang mulai membuat software yang memungkinkan terjadinya koneksi antara Internet dengan WWW. Sun akhirnya menyadari bahwa Oak memiliki kemungkinan besar untuk membuat jalur akses ke dunia Web. Tidak lama kemudian Oak diluncurkan di Internet dengan nama baru, yaitu Java.

Sekarang ini Java masih dalam taraf pengembangan dan sudah mulai mempengaruhi arah pemrogaman komputer dan internet. Bahasa pemrograman Java dirilis secara gratis di internet dan Sun memberikan lisensi penuh terhadap implementasi Java dan segala komponennya untuk digunakan di berbagai vendor software Internet dengan harapan supaya dapat menciptakan standard bagi pemrograman web



KELEBIHAN-KELEBIHAN JAVA

Sederhana dan Ampuh
Anda dapat belajar membuat program dengan Java secara cepat jika telah memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek. Anda hanya perlu mengerti beberapa konsep untuk dapat menulis program yang memuaskan. Java tidak memiliki hal-hal yang mengejutkan dan aneh. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang menawarkan puluhan cara untuk melakukan satu pekerjan, tetapi semua itu dibutuhkan ketelitian dan tingkat kerumitan yang tinggi.
Kesederhanaan adalah kelebihan utama yang ditawarkan Java. Hal ini dimungkinkan karena Java Scripting Language (bahasa naskah) menghilangkan kemampuan kita untuk berinovasi dengan menganggap bahwa semua yang kita inginkan telah disatukan dalam satu objek yang telah ada dan seringkali perlu di-script-kan. Java memberi anda kemampuan untuk menuangkan semua ide anda dalam cara berorientasi-objek yang mudah dan jelas tanpa harus melihat proses bagian dalam sistem yang seringkali berbahaya.

Aman
Kebanyakan masalah keamanan terutama aplikasi jaringan internet yang dihasilkan dari sistem lama terjadi karena sistem tidak dirancang dengan konsep keamanan Internet.
Salah satu prinsip kunci perancangan Java adalah keselamatan dan keamanan. Java tidak pernah memiliki fasilitas dan keamanan yang tidak aman sampai perlu ditangani secara khusus untuk pengamanannya. Oleh karena itu, program Java tidak dapat memanggil fungsi-fungsi global dan memperoleh akses ke berbagai sumber dalam sistem karena terdapat sejumlah pengawasan yang dilakukan oleh program Java yang tidak dapat dilakukan oleh sistem lain.

Berorientasi Objek
Java tidak diturunkan bahasa pemrograman manapun, juga sama sekali tidak kompatibel dengan semuanya. Hal ini dikarenakan adanya kebebasan dalam rancangan maka dipilih pendekatan yang jelas berguna, dan pragmatis. Modul objek Java adalah sederhana dan mudah dikembangkan namun sejalan dengan itu, bilangan dan tipe data sederhana lain dianggap sebagai non objek berkinerja tinggi.
Kebanyakan sistem berorientasi objek lain memilih hirarki objek yang kaku dan susah diatur atau memilih menggunakan model objek dinamik yang tidak memiliki kinerja tinggi dan kelengkapan . Java sekali lagi memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan. Memahami gaya pemrograman berorientasi objek sangat penting dan membantu mempelajari bagaimana membuat program dengan Java. Bab selanjutnya akan membahas terperinci tentang objek dan class.

Kokoh
Java membatasi anda dengan memberi beberapa kunci supaya anda dapat menemukan kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program. Dengan demikian, anda tidak perlu mencemaskan banyaknya penyebab kesalahan pemrograman yang banyak terjadi pada bahasa lain. Java langsung memeriksa program saat anda menuliskannya dan sekali lagi program akan dijalankan. Banyaknya kesalahan yang susah dilacak dan situasi jalannya program yang tidak dapat diulangi dapat dibuat secara sederhana dengan Java. Kemampuan untuk memastikan apa yang telah kita tulis akan berjalan semestinya dalam kondisi apapun adalah salah satu kemampuan penting Java.

Interaktif
Java dirancang memenuhi kebutuhan dunia nyata menciptakan program jaringan yang interaktif. Kebanyakan sistem mengalami kesulitan menangani interaktivitas dan jaringan sekaligus. Java memiliki beberapa kemampuan yang memungkinkan program melakukan beberapa hal pada saat bersamaan tanpa harus kesulitan menangani proses yang akan terjadi selanjutnya permasalahan dalam melakukan beberapa hal sekaligus pada satu waktu adalah dalam menyelaraskan bagian-bagian yang saling mempengaruhi. Ini seringkali sangat memusingkan programmer yang mengerjakannya tanpa alat yang tepat. Jalannya program Java telah dilengkapi dengan pemecahan yang luar biasa untuk sinkronisasi beberapa proses sekaligus dan memungkinkan pembuatan sistem yang interaktif yang berjalan dengan halus. Jalinan program-program java yang mudah digunakan memungkinkan kita untuk memikirkan pembuatan perilaku khusus tanpa harus mengintegrasikan perilaku tersebut dengan model pemrograman global yang mengatur perulangan kejadian.

Netral Terhadap Berbagai Arsitektur
Hal yang lebih penting daripada perang antara PC dengan Mac adalah masalah pengenalan dan portabilitas program. Jika anda hari ini menulis pengenalan dan portabilitas program. Jika anda hari ini menulis sebuah program tidak ada jaminan program tersebut akan jalan besok, bahkan di mesin yang sama. Sistem operasi berubah, prosessor berubah dan perubahan dalam inti sistem semuanya dapat bersekongkol membuat program tidak dapat berjalan. Para perancang Java telah mengambil beberapa keputusan yang sulit dalam pembuatan bahasa Java dan bagaimana program dijalankan . Jadi anda dapat sepenuhnya percaya "tulis sekali, jalan di mana saja, kapan saja dan selamanya". Anda mungkin cemas ketika menulis sebuah program tetapi java akan meyakinkan bahwa program akan berjalan di Macintosh, PC, UNIX dan apapun platform yang akan muncul di masa yang akan dating.


Terinterpretasi dan Berkinerja Tinggi
Java melengkapi keajaiban lintas platform yang luar biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut kode-byte Java(Java byte code) yang dapat diterjemahkan oleh sistem apapun yang memiliki program Java di dalamnya. Kebanyakan sistem tersebut menawarkan keajaiban lintas platform ini terseok pada satu hal: kinerja. Sistem lain yang netral terhadap platform juga adalah sistem terinterpretasi misalnya BASIC, Tcl dan Perl. Bahasa-bahasa ini jelas kekurangan kinerja. Java dirancang untuk tetap berkinerja baik pada CPU yang tidak terlalu kuat. Walaupun Java merupakan bahasa terinterpretasi, kode byte Java telah dirancang dengan hati-hati sehingga mudah diterjemahkan ke dalam bahasa asli suatu mesin untuk menghasilkan kinerja yang tinggi. Sistem program Java yang melakukan optimasi tepat waktu tersebut tidak kehilangan keuntungan dari program yang netral terhadap platform.

Mudah Dipelajari
Semua keuntungan tersebut saling berinteraksi untuk melayani kebutuhan bahasa pemrograman. Meskipun Java lebih rumit daripada bahasa scripting tetapi lebih sederhana untuk dipelajari dan ditulis dalam bahasa lain. Pada setiap tahap proses pemrograman anda akan terdorong oleh berkurangnya cacat-cacat yang mengejutkan dan perilaku yang tidak diharapkan. Kemampuan bahasa ini terasa seperti cara alami untuk melakukan sesuatu dan mendorong terbentuknya gaya pemrograman yang baik. Karena model objek bersifat sederhana, anda akan cepat terbiasa dengan gaya pemrograman berorientasi objek. Anda akan mendapatkan keuntungan dari objek lebih cepat daripada jika dipaksakan menggunakan cara yang tdak alami dan membingungkan.



PENGEMBANGAN ARSITEKTUR SIMULASI BERORIENTASI OBJEK DENGAN PEMODELAN BERBASIS UNIFIED MODELING LANGUAGE: Studi kasus sistem jalan tol Surabaya - Gresik
Master Theses from JBPTITBPP / 2007-03-14 18:12:35
Oleh : Arif Rahman, S2 - Industrial Engineering and Management
Dibuat : 2002, dengan 1 file

Keyword : Object oriented simulation, queueing network systems, Unified Modeling Language, Surabaya-Gresik Highway System.


Simulasi komputer menjadi salah satu alat penting yang dapat digunakan untuk mempelajari sistem. Sistem antrian jaringan, semisal sistem jalan tol, merupakan salah satu sistem domain simulasi. Dengan prinsip-prinsip perancangan sistem modular, simulasi berorientasi objek memberikan kemudahan dalam pengembangan bertahap dan verifikasi simulasi pada sistem jaringan berskala besar. Unified Modeling Language (UML) merupakan bahasa grafis untuk visualisasi, spesifikasi, kostruksi dan dokumentasi bagan-bagan kerangka software. UML menghasilkan cetak biru, meliputi bagian konseptual, semisal proses bisnis dan fungsi sistem, serta bagian kongkrit, semisal kelas objek yang dinyatakan dalam bahasa pemrograman, skema basis data dan komponen reusable software. Penelitian ini mengembangkan arsitektur simulasi yang menerapkan paradigma pemrograman berorientasi objek (object oriented programming, OOP) pada pemrograman dan UML pada pemodelan. Dengan menggunakan kerangka kerja tersebut dan Sistem Jalan Tol Surabaya-Gresik sebagai domain, penelitian ini menghasilkan prototipe simulasi berorientasi objek untuk memodelkan simulasi jalan tol. Pada tahap perencanaan dan perancangan, simulasi berorientasi objek mendekomposisi sistem menjadi beberapa modul. Hal ini mempermudah pemodelan sistem. Pada tahap eksekusi, simulasi berorientasi objek membutuhkan waktu lebih banyak, karena daftar kejadian tersimpan dalam file basis data.
Deskripsi Alternatif :

Simulasi komputer menjadi salah satu alat penting yang dapat digunakan untuk mempelajari sistem. Sistem antrian jaringan, semisal sistem jalan tol, merupakan salah satu sistem domain simulasi. Dengan prinsip-prinsip perancangan sistem modular, simulasi berorientasi objek memberikan kemudahan dalam pengembangan bertahap dan verifikasi simulasi pada sistem jaringan berskala besar. Unified Modeling Language (UML) merupakan bahasa grafis untuk visualisasi, spesifikasi, kostruksi dan dokumentasi bagan-bagan kerangka software. UML menghasilkan cetak biru, meliputi bagian konseptual, semisal proses bisnis dan fungsi sistem, serta bagian kongkrit, semisal kelas objek yang dinyatakan dalam bahasa pemrograman, skema basis data dan komponen reusable software. Penelitian ini mengembangkan arsitektur simulasi yang menerapkan paradigma pemrograman berorientasi objek (object oriented programming, OOP) pada pemrograman dan UML pada pemodelan. Dengan menggunakan kerangka kerja tersebut dan Sistem Jalan Tol Surabaya-Gresik sebagai domain, penelitian ini menghasilkan prototipe simulasi berorientasi objek untuk memodelkan simulasi jalan tol. Pada tahap perencanaan dan perancangan, simulasi berorientasi objek mendekomposisi sistem menjadi beberapa modul. Hal ini mempermudah pemodelan sistem. Pada tahap eksekusi, simulasi berorientasi objek membutuhkan waktu lebih banyak, karena daftar kejadian tersimpan dalam file basis data

Tidak ada komentar: